Cara Menjaga Kualitas Dress Wanita Pesta yang Baik dan Benar

Hampir semua wanita menilai bahwa dress ialah pakaian yang penting dipakai dalam menghadiri pesta. Meski sama-sama pakaian, tetapi cara merawatnya tidak bisa disamakan dengan pakaian lagi. Sebab, dress wanita pesta biasa terbuat dari payet, manik-manik, mutiara, renda dan lainnya. Berikut cara merawat dress pesta dengan benar.

Tips Merawat Dress Pesta agar Tidak Cepat Rusak

1. Mencucinya dengan Benar

Cara mencuci juga penting diperhatikan dalam merawat gaun. Jika anda memang ingin gaun menjadi bersih dan nyaman dipakai, sebaiknay mencucinya dengan membalik gaun dan mencucinya dengan air dingin. Pakai sabun serta lap ringan untuk mengusapnya dengan perlahan-lahan.

Setelah dicuci, anda bisa menggantung gaun dan usahakan tidak ada bagian yang keriput atau terlipat. Hindari memeras gaun anda agar tidak merusak bentuknya dan pastikan anda menjemurnya di area yang terkena angin. Jika sudah kering, gunakan sponge agak basah untuk membersihkan bagian luar gaun. Usap gaun dengan perlahan agar aksesoris tidak rusak dan copot.

2. Simpan Gaun yang Sudah Kering

Jika gaun yang dijemur sudah kering, anda bisa menyimpannya ke dalam lemari pakaian. Ushakaan lemari pakaian anda tidak dalam kondisi lembab karena memudahkan jamur untuk tumbuh pada gaun. Agar gaun bersih maksimal, semprotkan pewangi pakaian atau pewangi laundry pada gaun agar semakin wangi dan segar.

baca juga : rekomendasi warna dress yang cerah

3. Bersihkan Gaun jika Terkena Noda

Seperti yang diketahui bahwa gaun berpayet membutuhkan perawatan ekstra dalam menjaga kualitasnya. Sangat disarankan untuk membersihkannya terlebih dahulu dari adanya noda atau kotoran pada gaun. Cara membersihkannya pun tidak asal-asalan dan anda bisa memilih beberapa cara untuk membersihkannya.

Salah satunya yakni dengan mencucinya atau dry cleaning. Jika kebingungan, anda bisa mencari tahu teknik membersihkan gaun yang tepat pada label perawatan. Label ini biasa tersedia dengan gaun tersebut sehingga anda bisa langsung mengikuti petunjuk perawatan gaun.

4. Keringkan pada Tempat yang Datar

Setelah mencuci gaun, tentu anda merasa berat mengangat dresss wanita karena adanya air yang masuk ke dalam kain. Dalam hal ini, sebaiknya letakkan gaun pada tempat datar dengan suhu ruangan. Hal ini agar gaun terhindar dari adanya resiko kerusakan pada bentuknya. Agar semakin kering, letakkan handuk yang bersih di bawah gaun.

5. Hindari Penggunaan Setrika

Pakaian biasa memang sangat dianjurkan untuk disetrika agar rapi. Berbeda dengan dress pesta karena memiliki banyak manik-manik, payet atau perhiasan lainnya. Pakaian berpayet yang disetrika akan membuat perhiasan yang menempel terlepas dan rusak akibat panasnya setrika.

Maka dari itu, jika anda ingin gaun tetap rapi dan tidak lusuh, anda masih bisa menggunakan setrika tetapi jenis yang digunakan yakni setrika uap. Dengan setrika ini, buatlah jarak antara gaun dengan setrika uap antara 10 cm sampai 15 cm. suhu yang digunakan juga tidak terlalu panas agar manik-manik dress tidak rusak.

6. Perhatikan Teknik Menyimpannya

Cara menyimpan gaun tentu mempengaruhi kualitas gaun sehingga sangat disarankan untuk menyimpannya dalam kondisi bersih dan rapi. Penggantungannya pun perlu gantungan lengkap yang memiliki bantalan busa lembut untuk menjaga bentuk gaun dan mencegah adanya kerusakan pada gaun, seperti robek. Agar wangi, taruh kapur barus atau pewangi di dekat gaun.

Demikian penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat dress agar awet. Hal ini penting diketahui apalagi jika anda memiliki gaun pesta dengan harga yang cukup fantastis sehingga perlu cara-cara khusus untuk merawatnya. Untuk mencari dress wanita yang trendy, cek koleksi dress Benang jarum sekarang juga!

 

Disclaimer

This page contains user generated content.

My Gothic Past Login | Register

© 2024 Trinity College Dublin