Destinasi Liburan Indonesia Terbaik

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting untuk meningkatkan devisa negara. Memiliki sumber daya yang melimpah mulai dari manusia, alam, hingga keanekaragaman budaya, sektor pariwisata dianggap mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Melihat potensi tersebut, pemerintah pun terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata dalam negeri. Pada 2018, sektor pariwisata mampu menghasilkan devisa mencapai US$ 17 miliar, dengan jumlah wisatawan mencapai 16 juta jiwa. Melihat hal tersebut, pada 2019 pemerintah Indonesia mulai menargetkan pendapatan hingga US$ 20 miliar untuk valuta asing dengan 20 juta pengunjung.

Salah satu destinasi liburan di Indonesia yang terkenal di dunia adalah Bali. Meski menjadi pusat pariwisata kelas dunia, Indonesia tentunya memiliki banyak daerah wisata lain yang terus bertambah dan patut dieksplor lebih jauh. Melihat target ambisius tersebut, pemerintah lalu meluncurkan proyek 10 destinasi prioritas yang disebut, “10 Bali Baru”.

Apa sebenarnya proyek 10 Bali Baru? Proyek ini tidak dimaksudkan untuk mendevaluasi pusat wisata Bali yang ada, tetapi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan menciptakan lebih banyak lapangan kerja, meningkatkan infrastruktur & akses serta untuk mengakomodasi hingga 20 juta kunjungan asing pada tahun 2020.

Kementerian Pariwisata Indonesia pun menetapkan 10 destinasi prioritas, berdasarkan potensi luar biasa setiap daerah yang diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan. Setiap tempat yang dipilih pun memiliki ciri khusus yang berpotensi menjadi destinasi wisata kelas dunia berikutnya di Indonesia. Di bawah ini adalah daftar destinasi wajib yang juga bisa menjadi tips liburan baru untuk kamu. Daerah apa saja yang masuk ke dalam destinasi wajib di Indonesia?

1. Lombok Mandalika

Membentang dari pantai selatan Lombok di sepanjang garis pantai menuju tempat favorit untuk berselancar “Grupuk Village,” Mandalika menjadi zona ekonomi pariwisata yang dirancang khusus oleh pemerintah. Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, destinasi prioritas yang pertama ini dibuat dekat dengan bandara internasional dan sirkuit Moto GP kelas dunia untuk semakin menarik minat wisatawan internasional.

2. Borobudur (Jawa Tengah)

Nama Borobudur sebelumnya memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Menampung sekitar 2.672 relief dan 504 patung Buddha, kompleks candi Borobudur ini bahkan masuk dalam warisan budaya dunia, bersama dengan kuil-kuil Old Bagan yang terkenal di Myanmar dan Angkor Wat di Kamboja.

Candi Buddha paling terkenal dan terbesar seduni ini juga masuk ke dalam Destinasi Prioritas pemerintah. Artinya, Candi Borobudur akan dikelola lebih maksimal demi memanjakan wisatawan yang datang. Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai macam wisata lainnya seperti Gereja Ayam dengan arsitektur yang unik, Hutan Pinus Kragilan yang Instagramable, Gunung Andong dan Punthuk Setumbu.

3. Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau terbesar di Indonesia yang dikenal sebagai “kaldera” (kawah hasil letusan gunung berapi) ini terletak di daerah yang sangat tenang dan memiliki pantai yang indah. Danau Toba menjadi bagian dari destinasi prioritas bersama Mandalika dan Borobudur, kamu bisa berwisata di Danau Toba dengan berkeliling menggunakan perahu, menikmati pemandangan hutan pinus di sekeliling danau, hingga mengikuti tur domestik dan belajar tentang cara hidup penduduk lokal.

Saat berkunjung ke sana, kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahannya dari berbagai sisi. Kamu juga bisa berlayar dan mampir ke Pulau Samosir dengan perahu.

4. Kepulauan Seribu (Jakarta)

Jangan salah, Jakarta juga memiliki destinasi prioritas yang bisa kamu kunjungi. Terletak di ujung utara teluk Jakarta, terdapat hamburan 110 pulau kecil yang terbentang sekitar 45 kilometer di Laut Jawa. Terdiri dari 11 kepulauan berpenduduk, daerah Kepulauan Seribu sudah dikembangkan menjadi resor dan area taman nasional. Di Kepulauan Seribu kamu bisa menikmati keindahan pantai sekaligus berwisata di cagar budaya, kamu juga bisa menemukan sisa-sisa sejarah yang tertinggal dari benteng kolonial Belanda, hingga objek wisata edukasi di pusat studi rumput laut.

5. Pantai Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung)

Sebagai negara kepulauan, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki tempat wisata yang selalu berkaitan dengan pantai. Masuk ke proyek 10 destinasi prioritas, Pantai Tanjung Kelayang dipenuhi dengan formasi batuan mempesona di sekitar pantai yang bergabung dengan perairan sebening kristal. Bersama garis pantainya yang masih terjaga serta mercusuar putih di tepinya, hal itu menjadikan Tanjung Kelayang sebagai lokasi yang menawan untuk menghabiskan liburan.

6. Tanjung Lesung (Banten)

Terletak di ujung barat Jawa, hanya 160 kilometer dari DKI Jakarta. Destinasi prioritas yang lagi-lagi berupa pantai ini, telah memiliki sejumlah akomodasi liburan yang bisa kamu coba, mulai dari jet-ski, berselancar, snorkeling, atau melakukan perjalanan untuk melihat Gunung Berapi Krakatau dengan menaiki perahu.

7. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Bagian dari lintasan Cincin Api Pasifik, Gunung Bromo adalah keajaiban alam dan hutan belantara yang sempurna bagi para pencari petualangan. Menawarkan hiking sebagai bagian wisata utamanya, pengunjung dapat memilih untuk mendaki gunung berapi secara berkelompok atau secara mandiri. Sebagai destinasi prioritas, wisata ke Gunung Bromo adalah episentrum potensial yang sangat indah dalam perjalanan petualangan seumur hidup.

8. Wakatobi (Sulawesi Selatan)

Ingin menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut? Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Karibia, karena menikmati liburan mewah nan bersahaja bisa kamu lakukan di Wakatobi. Sebagai destinasi wisata, Wakatobi menyediakan resor penyelaman eksklusif yang bersifat self-style, serta akomodasi eksekutif bagi kamu yang ingin menikmati oasis pantai terumbu karang penuh warna.

9. Pulau Morotai (Maluku Utara)

Bagian paling utara dari kepulauan Indonesia yang dulu dikenal sebagai “Kepulauan Rempah-Rempah” ini, populer bagi mereka yang tertarik untuk menyelam atau memancing di pinggiran taman lautnya. Morotai adalah pulau dengan pemandangan indah dan pantai serpih putih sepanjang 16 km yang seolah tak berujung. Jika kamu butuh relaksasi dan rehat dari penatnya ibu kota, berlibur ke Pulau Morotai bisa jadi pilihan terbaik.

10. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Labuan Bajo merupakan desa nelayan yang terletak di sisi barat Pulau Flores. Berwisata ke sana tentunya akan menawarkan liburan yang tak terlupakan, terlebih dengan interaksi bersama penduduk setempat. Kamu bisa melakukan perjalanan dengan perahu, wisata ke sekolah, menangkap ikan, hingga berenang di pinggiran dermaga. Tertarik mencoba?

11. Pulau Weh (Sumatera)

Destinasi wisata Indonesia satu ini berada di pintu masuk Selat Malaka, Pulau Weh yang juga menjadi salah satu surga wisata di Indonesia yang sering terlupakan. Meski begitu, pulau kecil ini menjadi salah satu surga bagi diver dan snorkeller. Di mana, ketika berada di sini kamu bisa menemukan banyak biota laut yang mengagumkan mulai dari pari manta, hiu pau, lumba-lumba, hingga penyu laut.

Selain diving dan snorkling, kamu juga bisa menikmati aktivitas lain seperti menjelajahi pulau dengan sepeda motor atau hanya bersantai di tempat tidur gantung di tepi pantai.

12. Pulau Komodo (Nusa Tenggara)

Di sini kamu bisa berkesempatan melihat hewan purba yang sudah ada sejak ribuan tahun silam yang sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya melihat komodo, kamu juga bisa menikmati panorama indah Pulau Padar. Namun, untuk mencapai tempat wisata ini kamu perlu berpeluh-peluh tracking terlebih dahulu, namun semuanya sepadan dengan usaha yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pantai pink yang ada di pulai tersbut dan berfoto ria untuk jadi koleksi berharga di akun Instagram kamu.

13. Puncak Gunung Carstensz (Papua)

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat gunung bersalju. Indonesia juga punya petualangan seru di puncak gunung es yang ada di jantung Papua. Puncak Carstensz menjadi juara destinasi petulangan sekaligus menjadi puncak tertinggi di Indonesia yang berselimut salju di ketinggian 4.884 mdpl.

Kamu bisa melakukan petualangan yang menantang dengan naik dari Desa Ugimba dan berjalan kaki seminggu sampai ke puncaknya. Jalur cepat adalah lewat jalur tambang PT Freeport Indonesia, namun kurang bagus untuk aklimatisasi tubuh pendaki. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menjelajahi hutan perawan dan bisa bertem kanguru pohon atau anjing dingo. Kamu akan diantar oleh warga Suku Moni sudah biasa menjadi porter mengantar para wisman ke puncaknya.

14. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Taman laut yang diresmikan pada tahun 1991 ini juga menjadi taman laut pertama di Indonesia dengan luas 80.000 hektar. Taman laut ini bisa kamu temui di Manado, Sulawesi Utara yang terdiri dari 5 pulau yaitu Bunaken, Manado Tua, Siladen, Montehage, dan Naen.

Di sini, kamu bisa menemukan panorama bawah laut yang menakjubkan, serta berbagai pulau eksotis. Kamu juga bisa menemui berbagai spesies terumbu karang, alga, rumput laut, mama lia laut, burung, laut, dan beraneka spesies ikan.

15. Sabang (Sumatera)

Destinasi wisata alam ini berada di Sabang, titik awal negara Indonesia. Ada berbagai destinasi menarik, terutama wisata bahari dan keindahan alam lain yang bisa ditemukan sekitar sini, mulai dari Pantai Iboih yang populer di kalangan turis lokal hingga mancanegara, Pulau Rubiah, Pantai Sumur Tiga, dan lain sebagainya. Selain pantai ada pula Air Terjun Pria Laot, pemandian air panas, serta Danau Aneuk Laot.

Sebelum pulang, kamu bisa mampir ke Tugu 0 Km yang menjadi titik paling barat di Indonesia. Selain bisa berfoto, kamu juga bisa membawa pulang Sertifikat 0 Km Indonesia yang menjadi bukti bahwa pernah berkunjung ke sisi paling barat Indonesia.

Disclaimer

This page contains user generated content.

My Gothic Past Login | Register

© 2024 Trinity College Dublin