Kesalahan Fresh Graduate Saat Wawancara Kerja Pertama

Kebanyakan orang hanya berpikir membuat surat lamaran pekerjaan yang bagus tanpa diimbangi wawasan mengenai kesalahan saat interview kerja. Mereka belum menyiapkan bekal untuk berhadapan dengan calon atasan saat wawancara tiba.

Tak heran jika mereka kerap melakukan kesalahan saat wawancara. Memiliki info sebanyak mungkin terkait dengan jabatan yang Anda incar. Sehingga Anda tidak melakukan kesalahan fatal saat wawancara kerja.

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup

Untuk menghindari kesalahan saat wawancara kerja, kenali  perusahaan tempat Anda akan bekerja. Sebagai antisipasi apabila kebijakan perusahaan dijadikan pembahasan dalam setiap pertanyaan wawancara kerja.

Kemungkinan kesalahan saat interview yang menjadi momok menakutkan, khususnya bagi para fresh graduate yang tidak cukup pengalaman.  Belum lagi dengan pesaing yang banyak, lakukan apapun yang dapat mencegah kesalahan saat wawancara sedini mungkin.

Sebagai infromasi tambahan, berikut beberapa hal fatal yang sering diperbuat oleh pelamar kerja pemula fresh graduate.

#1. Datang terlambat

Datang tepat waktu untuk mencegah kesalahan  awal saat interview,  dari sini mereka akan mengamati tanggung jawab anda. Lebih baik Anda menunggu daripada ditunggu.

Datang tepat waktu akan menguntungkan Anda.  Kesalahan saat wawancara Daftar Riwayar Hidup yang paling sering adalah datang terlambat, dan membuat mereka kesal dengan Anda.

#2. Sibuk dengan handphone/ Gadget

Jangan mengoperasikan handphone saat wawancara berlangsung. Mengapa? Kesalahan ini menandakan bahwa Anda tak punya rasa sopan di depan orang yang notabennya harus anda hormati.

Jangan lakukan hal ini jika ingin masuk seleksi wawancara dan tidak melakukan kesalahan.

#3. Berhati-hatilah dengan cara anda berjabat tangan

Kesalahan saat wawancara kerja yang selanjutnya yaitu cara bersalaman. Anda mungkin kurang yakin bahwa mereka bisa mengetahui karakter Anda dari cara Anda berjabat tangan.

Jangan sekalipun Anda berjabat tangan dengan tidak bertenaga dan minim semangat. Kesalahan saat wawancara ini akan memalukan diri anda sendiri. Antusias juga bisa Anda tunjukkan dari mimik muka yang ceria dan penuh senyuman hormat dengan mereka. Dijamin, kesalahan awal interview ini akan jauh dari Anda.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Ini Bisa Bikin HRD Terkesan

#4. Jaga penampilan Anda

Dalam interview, Anda juga perlu memberikan sentuhan pada tampilan Anda. Baju ataupun item fashion yang Anda pakai mencerminkan kepribadian Anda. Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan saat wawancara kerja dengan memakai pakaian seenaknya.

Dress dengan jas, kemeja, serta sepatu yang mencirikan gaya formil dapat  diandalkan. Penampilan yang good looking membuat Anda terbebas dari kesalahan fatal saat interview. Jika Anda tipe orang yang tidak pandai berdandan, referensi dari majalah, sosial media, atau internet bisa Anda manfaatkan. Aplikasikan make up yang natural dan tidak berlebihan.

Khusus untuk wawancara, bisa dibaca tips sederhana berikut contoh baju resmi wanita saat wawancara.

#5. Jaga sikap profesional

Terdapat sesi dimana mereka akan meminta Anda untuk menceritakan pengalaman pribadi, hobi, prestasi atau pencapaian, pernah bekerja atau belum, hingga hal-hal yang erat kaitannya dengan diri Anda. Kesalahan saat wawancara di sesi ini yang kerap dilakukan adalah terlalu bersemangat atau mengada-ada. Bukannya senang, mereka justru merasa tak tahan.

Secara tidak langsung, pewawancara pasti sudah bisa menebak mana yang dibuat-buat dan mana yang tidak. Ungkapkan diri Anda dengan apa adanya.

Kesalahan ini bisa membuat mereka tak yakin kalau Anda bisa memegang jabatan tertentu.

#6. Merasa kurang percaya diri

Banyak orang pandai di luar sana, tapi hanya segelintir dari mereka yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi confident. Tak heran walaupun mereka sudah siap secara lahir batin, kesalahan saat wawancara kerja yang sering di lakukan adalah gagal fokus dan pecah konsentrasi. Jangan bersikap pemalu atau rendah di hadapan di depan pewawancara. Tunjukkan bahwa diri Anda lebih berhak dan lebih baiks daripada ribuan pesaing Anda yang sama-sama sedang berjuang.

Ingat, mereka butuh orang yang bisa dipercaya untuk memegang perusahaan. Apa jadinya jika pada diri sendiri pun Anda kurang percaya?. Bersikaplah tenang agar Anda bisa menghindari kesalahan saat interview ini.

#7. Tapi jangan terlalu over percaya diri yah, natural lebih baik

Memiliki rasa percaya diri bahwa Anda bisa itu sangat penting, tapi jangan sampai Anda membuat orang yang mewawancarai Anda bingung karena anda terlalu besar kepala. Kesan pertama yang terlihat adalah Anda orang yang sombong http://kuwestions.248am.com/user/contohcv

Kesalahan saat interview ini acapkali dimiliki calon pelamar. Padahal sebaiknya dijauhi, apalagi hanya karena Anda punya kenalan orang. Cobalah bersikap yang sewajarnya saat tahap ini berlangsung. Hindari kesalahan ini saat interview berlangsung.

#8. Hindari jawaban dengan kalimat klise, kreatif namun tetap realistis

Sederet pertanyaan sudah disiapkan untuk mengetes apakah Anda memang sungguh layak atau tidak di terima sebagai karyawan. Pertanyaan ini akan dilontarkan penguji satu per satu. Dan tugas Anda adalah menjawabnya dengan sebaik mungkin agar Anda lolos seleksi.

Disclaimer

This page contains user generated content.

My Gothic Past Login | Register

© 2020 Trinity College Dublin